Nasional

Pulang ke Indonesia, Habib Rizieq Berpeluang Jadi Capres

JAKARTA – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq punya peluang menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2019 mendatang.

Pasalnya, politik merupakan seni berbagai kemungkinan dan penuh kejutan.

Karena itu, terbuka peluang tiba-tiba muncul nama baru, di luar nama-nama yang belakangan ini ramai dijagokan sebagaian masyarakat.

Hanya saja, pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Boni Hargens menilai, politik tidak hanya berbicara kemungkinan, tapi juga penguasaan sumberdaya.

“Mungkin saja nama baru muncul, tapi sejauh ini belum ada preseden untuk itu. Perlu juga diketahui, politik bukan hanya soal figur, tapi soal penguasaan sumberdaya politik,” ujar Boni kepada JPNN, Jumat (16/2).

Menurut Boni, untuk dapat menempati posisi sebagai calon presiden, seorang tokoh harus benar-benar mumpuni.

Misalnya, selain populer juga harus memiliki sumberdaya struktural, seperti partai politik dan organisasi kemasyarakatan. Kemudian sumberdaya finansial.

“Rizieq mempunyai ormas, tapi tidak mempunyai partai politik. Saya kira hal ini menjadi salah satu penentu utama,” ucapnya.

Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) ini meyakini, partai politik tentu lebih memilih mengusung tokoh internal mereka, daripada tokoh di luar partai.

Apalagi jika popularitas, elektabilitas dan sumberdaya tokoh tersebut tidak berada di atas rata-rata.

“Saya kira, tidak mudah bagi PKS misalnya, memilih Rizieq ketimbang Sohibul (Presiden PKS Sohibul Iman,red). Begitu juga dengan partai-partai lain,” pungkas Boni. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Jendela Informasi Masyarakat Kepton

www.jelajahkepton.com

PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA

Alamat : Jl. Rusa no 08, Kel. Kadolomoko, Kec. Kokalukuna

Badan Hukum No.
AHU-0025954.AH.01.11.TAHUN 2018
TANGGAL 23 FEBRUARI 2018

Baubau,  23-2-2018

DOWNLOAD

DOWNLOAD

© COPYRIGHT PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA 2018

To Top