Kota Bau Bau

Peringatan, Pemberi Dan Penerima Uang Terancam Dibui

Baubau-Pesta demokrasi dalam pilkada Kota Baubau pada 27 juni 2018 mendatang, tidak lama lagi akan melahirkan pemimpin baru yang dipilih langsung oleh masyarakat secara terbuka jujur adil dan bersih, akan tetapi hajatan tersebut dapat mencancam siapapun masuk dalam jeruji besi, karena terlena dengan politik uang.

Eksekutif Kota LMND Baubau menyerukan kepada masyarakat agar tidak terlibat dalam praktik politik uang, tak hanya kepada pemberi, penerima uang berbau politik itu juga dikenakan sanksi pidana yang sama dengan pihak pemberi.

“jika kita menelaah secara lebih mendalam, Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 sebagaimana perubahan UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada mengatur sanksi pidana bagi pihak manapun yang menjalankan praktik politik uang. Artinya telah jelas bahwa tidak ada alasan untuk melakukan praktik politik uang karna apapun alasannya jika terbukti bahwa orang tersebut memilih atau tidak memilih karena ada uang yang dijanjikan, maka tindak pidana itu terpenuhi.”ungkap La ode Farhan Ketua EK- LMND Kota Baubau.

La Ode Farhan Ketua EK-LMND Kota Baubau

Farhan juga menegaskan Sesuai sanksi yang telah diatur dalam Pasal 187 poin A hingga D dalam UU Nomor 10 Tahun 2016.Dalam pasal tersebut disebut bahwa orang yang terlibat politik uang bisa dipenjara paling singkat 36 bulan dan paling lama 72 bulan. Serta denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar.

Patut kita pahami bersama bahwa praktik politik uang bukan saja semata diciptakan oleh kandidat-kandidat kepala daerah yang nakal, namun hal itu diciptakan juga oleh kondisi tak beraturan yakni kemiskinan, ketimpangan serta hilangnya harapan rakyat terhadap masa depan hidupnya.

“Politik uang adalah sebuah kemunduran berpikir dalam demokrasi yang harus dilawan oleh semua pihak untuk itu masyarakat Kota Baubau yang akan menghadapi pesta demokrasi pemilihan Walikota Baubau harus menghindari praktik politik uang agar tetap menjaga persatuan didalam berbagai perbedaan pilihan pasangan calon kepala daerah. Demi terciptanya pemilihan umum yang bersih, jujur dan adil”.tutupnya. (Has)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Jendela Informasi Masyarakat Kepton

www.jelajahkepton.com

PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA

Alamat : Jl. Rusa no 08, Kel. Kadolomoko, Kec. Kokalukuna

Badan Hukum No.
AHU-0025954.AH.01.11.TAHUN 2018
TANGGAL 23 FEBRUARI 2018

Baubau,  23-2-2018

DOWNLOAD

DOWNLOAD

© COPYRIGHT PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA 2018

To Top