Kota Bau Bau

Sulaa Disulap Menjadi Kampung Tenun Warna Warni

Baubau-Pacific Paint yang berdiri sejak tahun 1943 sebagai produsen cat terkemuka di indonesia menyulap Wilayah Kelurahan Sulaa, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara menjadi kampung tenun warna warni  sebagai lokasi objek wisata baru melalu program Corporate Social Responsibility (CSR), sabtu, (30/6).

Director Pacific Paint Suryanto Tjokrosantoso mengatakan, terpilihnya kelurahan sulaa dalam program Corporate Social Responsibility (CSR), dikarenakan lokasi itu terdapat aktifitas masyarakat melakukan tenunan yang merupakan warisan dari para leluhur mereka.

“Sulaa ini unik ya, disini ada nelayan transportasi air, ada rumah adat, ada penenun, jadi satu area ada satu aktifitas, dan kita memilih ini bukan sembarangan, kita sudah mengirim orang untuk mensurvei lebih awal tentang perkampungan ini,” ungkapnya.

Dikatakannya, tujuan dari program tersebut tidak lain untuk mendorong apa yang sudah dilakukan masyarakat setempat, hal itu didasari komitmen Pacifik Paint untuk  melestarikan kebudayaan agar lebih terkenal lagi.

“Rumah rumah pangung ini tinggal 50 persen untuk dikampung ini, sisanya 50 persen beralih kerumah beton, Alangka sayangnya jika generasi yang akan datang tidak mengerti mengenai budaya setempat,” kata dia.

Program Corporate Social Responsibility (CSR) dijelaskannya, Pacifik Paint juga sudah melakukan kegiatan yang sama di Tanggerang, Merangen, Tual dan beberapa tempat lainnya. Di Sulaa Pasifik Paint lebih mendorong revitalisasi kampung dan memperindah kembali perahu nelayan.

“Kita harapkan dengan pengecatan perahu nelayan ini, lebih bersih dan indah , kalau orang pergi melaut itu hatinya senang, sehingga diharapkan hasil tangkapannya lebih banyak,” tambahnya.

Sementara itu, Pj Walikota Baubau Hado Hasina menegaskan, hadirnya Kelurahan Sulaa menjadi kampung tenun warna warni  kini menjadi icon baru wisata tenun dan mural mendapat apreasiasi dari Pemkot Baubau. Sehingga Pemerintah berjanji akan mendorong pengembangan wisata kampung tenun dengan pembangunan fasilitas lainnya.

“Saya sudah perintahkan SKPD agar langsung mengambil langkah untuk pengembangan wisata di kampung tenun,” jelasnya.

Kata dia,  dibutuhkan untuk mendukung pengembangan wisata kampung tenun yakini. tempat makan di pinggir laut dan sarana toilet umum bagi pengunjung. Selain  dari pada itu juga, Pemkot Baubau juga berencana berkolaborasi dengan daerah tetangga termasuk pemerintah provinsi.(Has)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Jendela Informasi Masyarakat Kepton

www.jelajahkepton.com

PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA

Alamat : Jl. Rusa no 08, Kel. Kadolomoko, Kec. Kokalukuna

Badan Hukum No.
AHU-0025954.AH.01.11.TAHUN 2018
TANGGAL 23 FEBRUARI 2018

Baubau,  23-2-2018

DOWNLOAD

DOWNLOAD

© COPYRIGHT PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA 2018

To Top