Kesehatan

SISTEM RUJUKAN ONLINE LEBIH CEPAT, LEBIH PRAKTIS TANPA PERLU RIBET

Baubau– BPJS Kesehatan sebagai lembaga yang di amanatkan untuk mengelola Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat kembali membuat terobosan baru setelah aplikasi mobile JKN,kali ini adalah fitur Sistem Rujukan Online pada aplikasi Pcare(17/09/2018).

Sistem rujukan online merupakan fitur terbaru yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan untuk memudahkan peserta mendapatkan rujukan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL).

Ada banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh oleh peserta dengan diterapkannya sistem rujukan online salah satunya ialah mengurai jumlah antrian di FKRTL sehingga peserta yang hendak mendapatkan pelayanan tidak perlu menunggu lama.

Manila adalah seorang PNS yang bekerja di Kota Baubau , menceritakan tentang manfaat dari penerapan sistem rujukan online. Saat dimintai keterangan di Frontliner RS Siloam Buton beliau menyampaikan bahwa anaknya an. Marjaman Maeri mengalami kecelakaan tunggal sehingga harus dirawat di Puskesmas Lowu-Lowu kota Baubau, setelah beberapa kali berobat pasien harus mendapatkan penangan lebih lanjut maka di rujuk RS Siloam Buton.

“sejak diberlakukannya sistem rujukan online, proses pembuatan rujukan alhamdulillah menjadi lebih simpel, sangat praktis dan tidak membutuhkan waktu yang lama dan ketika sampai di RS Siloam, tinggal mengantri sebentar kemudian memperlihatkan KIS ke frontliner , secara otomatis pihak frontliner mengetahui rujukan bagi pasien ”ungkap Manila

Melalui fitur sistem rujukan online juga akan meminimalisir penolakan peserta yang tidak membawa surat rujukan dari FKTP ke FKRTL. Hal ini dikarenakan sebelum ke FKRTL, peserta JKN-KIS lebih dulu dibuatkan rujukan online, sehingga ketika menuju ke FKRTL cukup menunjukkan kartu identitas peserta maka secara otomatis data rujukan yang di buat oleh FKTP akan terbaca di aplikasi FKRTL.

Saat hendak berobat kami tidak pernah di tolak oleh rumah sakit. Beberapa waktu lalu saya pernah mengantarkan anggota keluarga lainnya ke RS Siloam untuk mendapatkan pelayanan lebiih lanjut akibat mengalami gangguan kesehatan, namun saat itu kami lupa membawa kartu JKN-KIS dan daripihak rumah sakit meminta uang jaminan karena hal tersebut. Setelah memberikan uang jaminan anggota keluarga yang sakit mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan diagnosa penyakit yang di derita. Saya kemudian kembali pulang untuk membawa kartu KIS dan menyerahkannya ke pihak rumah sakit, uang jaminan yang semula kami berikan dikembalikan lagi ke kami dan tidak meminta biaya sepeser pun.

 

Redaksi: jelajahkepton.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Jendela Informasi Masyarakat Kepton

www.jelajahkepton.com

PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA

Alamat : Jl. Rusa no 08, Kel. Kadolomoko, Kec. Kokalukuna

Badan Hukum No.
AHU-0025954.AH.01.11.TAHUN 2018
TANGGAL 23 FEBRUARI 2018

Baubau,  23-2-2018

DOWNLOAD

DOWNLOAD

© COPYRIGHT PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA 2018

To Top