Kesehatan

SISTEM RUJUKAN ONLINE MEMUDAHKAN BAGI PESERTA JKN KIS

Baubau– BPJS Kesehatan Cabang Baubau melakukan spot cek ke RS Siloam Buton untuk memastikan jalannya penerapan sistem rujukan online (17/09/2018).

Penerapan sistem rujukan online yang mulai dilaksanakan pada tanggal 15 September 2018 ini, mengacu pada peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan nomor 4 tahun 2018 tentang penyelenggaraan sistem rujukan berjenjang berbasis kompetensi melalui integrasi sistem informasi.

Kegiatan spot cek di RS Siloam Buton dilakukan untuk memastikan peserta JKN-KIS mendapatkan pelayanan kesehatan yang sesuai, efektif, dan efisien.

Sistem rujukan online dibuat untuk mengurangi durasi waktu antrian, mengurai penumpukan peserta di satu FKRTL, meminimalisir potensi penolakan pasien yang tidak membawa surat rujukan, dan membantu peserta mendapatkan lokasi FKRTL terdekat dengan tetap memastikan sarana dan prasarana memadai, serta tersedianya dokter dengan kompetensi yang handal.

Saat kegiatan spot cek, tim bertemu dengan salah satu keluarga pasien Peserta PBI APBN bernama Masudi Nilas. Ketika dimintai keterangan tentang keluhan kesehatan yang diderita, ia menjelaskan bahwa istrinya an. Salwiah mengalami kecelakaan saat berada di rumahnya. Kecelakaan tersebut terjadi saat Salwiah hendak turun dari tangga rumah dan seketika ia terjatuh. Akibat kecelakaan tersebut ia mengalami luka pada bagian paha sehingga harus dilarikan ke fasilitas kesehatan terdekat.

Masudi Nila juga menyampaikan bahwa istrinya di rujuk oleh FKTP ke RS Siloam agar mendapatkan penanganan kesehatan yang lebih baik. setelah dibuatkan rujukan online pihak FKTP menyampaikan bahwa untuk mendapatkan pelayanan di rumah sakit silahkan membawa kartu KIS, fotocopy kartu keluarga, KTP, dan tidak perlu lagi membawa surat rujukan manual karena dengan identitas tersebut sudah cukup sebagai syarat administrasi untuk memperoleh pelayanan di rumah sakit.

“Saya rasa sistem yang baru ini cukup membantu , jadi tidak perlu lagi bawa rujukan fisik, karena kadang kelupaan taruhnya dimana , KTP dan KIS kan gampang hanya di taruh di dompet saja kalau Fotocopy kartu keluarga biasanya selalu saya foto jadi selalu tersimpan fotonya di galeri.. semoga kedepannya BPJS bisa berikan inovasi-inovasi yang memudahkan peserta: Ungkap Masudi Nila.

 

Redaksi: jelajahkepton.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Jendela Informasi Masyarakat Kepton

www.jelajahkepton.com

PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA

Alamat : Jl. Rusa no 08, Kel. Kadolomoko, Kec. Kokalukuna

Badan Hukum No.
AHU-0025954.AH.01.11.TAHUN 2018
TANGGAL 23 FEBRUARI 2018

Baubau,  23-2-2018

DOWNLOAD

DOWNLOAD

© COPYRIGHT PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA 2018

To Top