Kabupaten Wakatobi

Harga Solar Meroket, BOM Kepton Duga Adanya Penimbunan BBM di Empat APMS Pulau Wangi-wangi

WAKATOBI – Puluhan masa yang tergabung dalam Barisan Orator Masyarakat Kepulauan Buton (BOM Kepton) mengelar aksi mempertanyakan kelangkaan BBM di empat APMS (Agen Premium dan Minyak Solar) yang ada dipulau Wangi-wangi, hingga menyebabkan harga solar meroket mencapai Rp. 220 ribu per jergen, yang di jual oleh para pengencer.

Koordinator Lapngan (Korlap), Roziq Arifin mengatakan harga solar yang mencapai Rp. 220 ribu per jergen, membuat banyaknya masyarakat Wangi-wangi yang mayoritasnya sebagai Nelayan tidak melaut.

“Sebab karna itu, banyak Nelayan disini selalu berujung rugi, rugi dan rugi dari pada untung. Maka kami dari BOM Kepton tanpa berpikir panjang turun tangan menyelesaikan persoalan tersebut, dengan melakukan aksi demonstrasi di depan Kantor Bupati hingga sempat bentrok dengan Polisi dan Pol PP,” ungkapnya pada wartawan.

Lebih lanjut, Kata dia, Program Wakatobi bersinar yang digagas oleh Bupati seharusnya saat ini bisa di terapkan ke suluru masyarakat secara efektif dan efesien, terutama kepada para nelayan yang saat ini menjerit karna tidak bisa melaut mencari ikan. Akibat kelangkaan solar yang ada di Empat APMS di Pulau Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi.

“Miris dan sangat di sayangkan, saya pribadi sangat kasian dengan Nelayan-nelayan ini, perahu mereka berhamburan di pesisir pantai dan tidak di fungsikan. Akibat kelangkaan BBM dan naiknya harga solar di penjual enceran yang meloncat sangat tinggi, kalau begini terus mau makan apa anak istri para nelayan di pulau Wangi-wangi,” tuturnya.

Ditambahkanya dalam regulasi UUD 1945 pasal 33 ayat 3, kata dia, sangat jelas bahwa Bumi, Air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

“Solar merupakan kekayaan alam yang harus di pergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran masyarakat, APMS itu ada karna sesuai dengan kebutuhan masyarakat nelayan di sekitarnya dan semata mata untuk kesejahteraan masyarakat,” Jelasnya.

Olehnya itu BOM Kepton bersama puluhan masyarakat yang hadir dalam aksi tersebut meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi untuk membentuk Tim Khusus agar melakukan pengawasan di beberapa APMS yang ada di pulau Wangi-wangi agar harga BBM kembali stabil seperti biasa yaitu Rp. 125 ribu perjergen.

Adapun di akuinya, hasil konfirmasi dengan pihak Depot Pertamina Baubau. BBM yang masuk di pulau Wangi-wangi disetiap minggunya kurang lebih 100 Ton, yang di salurkan khusus untuk di pulau Wangi-wangi. (Piq)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Jendela Informasi Masyarakat Kepton

www.jelajahkepton.com

PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA

Alamat : Jl. Rusa no 08, Kel. Kadolomoko, Kec. Kokalukuna

Badan Hukum No.
AHU-0025954.AH.01.11.TAHUN 2018
TANGGAL 23 FEBRUARI 2018

Baubau,  23-2-2018

DOWNLOAD

DOWNLOAD

© COPYRIGHT PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA 2018

To Top