Kota Bau Bau

Peserta JKN-KIS PPU yang di PHK Masih Peroleh Hak Jaminan Kesehatan Selama Enam Bulan

BAUBAU – Sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2018, peserta JKN-KIS dari Pekerja Penerimah Upah (PPU) yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), masih tetap memperoleh hak manfaat jaminan kesehatan paling lama enam bulan, tanpa membayar iuran.

Fasilitas jaminan kesehatan yang di berikan kepada PPU yang telah di PHK berupa pelayanan di ruang perawatan kelas III. Adapun PPU yang dimaksut yakni ; PNS, TNI, Polri, Pejabat Negara, Pegawai Sipil Swata dan Pekerja Swasta.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Tutus Novita Dewi mengatakan PPU yang telah di PHK yang harus memenuhi 4 kriteria yaitu, PHK yang sudah ada putusan pengadilan hubungan industrial, dibuktikan dengan putusan/akta pengadilan hubungan industrial. Kemudian PHK karena penggabungan perusahaan, dibuktikan dengan akta notaris.

Serta PHK karena perusahaan pailit atau mengalami kerugian, dibuktikan dengan putusan kepailitan dari pengadilan. Atau PHK karena Pekerja mengalami sakit yang berkepanjangan dan tidak mampu bekerja, dibuktikan dengan surat dokter.

“Namun, Apabila terjadi sengketa atas PHK yang diajukan melalui lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial, maka baik pemberi kerja maupun pekerja harus tetap melaksanakan kewajiban membayar Iuran sampai dengan adanya putusan yang berkekuatan hukum tetap,” ungkapnya pada wartawan.

Lebih lanjut ditambahkannya, jika peserta yang mengalami PHK tersebut telah bekerja, maka ia wajib kembali memperpanjang status kepesertaannya dengan membayar iuran.

“Sementara jika ia tidak bekerja lagi dan tidak mampu, maka selanjutnya ia akan didaftarkan menjadi peserta PBI,” ujurnya.

Penulis ; Admin Redaksi Jelajahkepton.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Jendela Informasi Masyarakat Kepton

www.jelajahkepton.com

PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA

Alamat : Jl. Rusa no 08, Kel. Kadolomoko, Kec. Kokalukuna

Badan Hukum No.
AHU-0025954.AH.01.11.TAHUN 2018
TANGGAL 23 FEBRUARI 2018

Baubau,  23-2-2018

DOWNLOAD

DOWNLOAD

© COPYRIGHT PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA 2018

To Top