Advetorial

Bangun Pasar Rakyat, Komitmen Samahuddin Kikis Kemiskinan di Buteng

LABUNGKARI, Jelajahkepton.com- Kerja nyata Bupati Buteng, H. Samahuddin dan Wakil Bupati Buteng, La Ntau dalam mengentaskan kemiskinan mulai berbuah manis. Meski belum genap dua tahun memimpin negeri seribu gua ini, Samahuddin telah berhasil membangun pondasi ekonomi kerakyatan yang kuat.


Tercatat sepanjang Buteng dipimpin keduanya, sejumlah pasar rakyat yang dipercaya sebagai pondasi ekonomi kerakyatan telah berdiri kokoh. Diantaranya pasar rakyat Mawasangka Timur, Sangia Wambulu dan beberapa daerah lainnya telah berhasil direalisasikan.

Bupati Buteng, H. Samahuddin mengatakan pembangunan pasar rakyat ini menjadi prioritas pemerintahannya untuk menciptakan perputaran ekonomi kerakyatan yang berkesinambungan. Apalagi pembangunan pasar rakyat ini didukung sepenuhnya oleh masyarakat.

Terbukti, lahan pembangunan sejumlah pasar rakyat ini merupakan hibah dari masyarakat. Tak heran bila Kabupaten Buteng kini menjelma menjadi salah satu daerah otonom baru (DOB) dengan tingkat kemajuan tak kalah dari 16 Kabupaten/Kota lainnya di Sultra.

Orang nomor satu di Buteng ini menjelaskan hingga 2019 ini, semua kecamatan di Kabupaten Buteng sudah memiliki pasar rakyat masing-masing. Dengan komitmen pemerintah, pasar rakyat ini diharap mampu menjadi urat nadi perputaran ekonomi masyarakat.

“Pasar itu khan merupakan tempat berkumpulnya masyarakat. Nah, dengan terbangunnya beberapa pasar dalam dua tahun terakhir ini maka besar harapan kita, perputaran ekonomi akan semakin lancar,” kata La Ramo sapaan akrab H. Samahuddin.

Pembangunan pasar rakyat ini juga merupakan komitmen pemerintah daerah untuk menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat. Dipusat ekonomi baru ini, masyarakat bisa membangun usaha kecil kreatif untuk menopang kebutuhan keluarga.

“Dipasar rakyat yang kita hadirkan inilah, kita berharal masyarakat Buteng bisa menghidupi keluarganya,” katanya.

H. Samahuddin menilai lokasi pembangunan beberapa pasar rakyat ini sangat strategis. Dengan begitu, pelaku pasar dapat menghemat biaya tambahan saat menjajakan dagangannya baik dari hasil pertanian, perikanan maupun komoditas lainnya.

“Saya percaya saat biaya tambahan tak dikeluarkan maka pendapatan masyarakat akan lebih besar. Nah, semakin besar pendapatan inilah maka kita harapkan akan berimplikasi dengan kesejahteraan sehingga angka kemiskinan di Buteng sebisa mungkin ditekan seminimal mungkin,” katanya.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jendela Informasi Masyarakat Kepton

www.jelajahkepton.com

PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA

Alamat : Jl. Rusa no 08, Kel. Kadolomoko, Kec. Kokalukuna

Badan Hukum No.
AHU-0025954.AH.01.11.TAHUN 2018
TANGGAL 23 FEBRUARI 2018

Baubau,  23-2-2018

DOWNLOAD

DOWNLOAD

© COPYRIGHT PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA 2018

To Top