Advetorial

Buteng Membangun, Akses Jalan Makin Mulus

LABUNGKARI, Jelajahkepton.com- Sejak dilantik 22 Mei 2017 lalu, Bupati dan Wakil Bupati Buton Tengah (Buteng), H. Samahuddin-La Ntau menjadikan pembangunan infrastruktur jalan sebagai prioritas utama. Alhasil, dalam kurun waktu dua tahun terakhir, sedikitnya 190 kilometer ruas jalan di negeri seribu gua itu telah berhasil dilapisi aspal hotmix.

“Saya kira dalam dua tahun terakhir sudah banyak pembangunan di Buteng ini. Salah satunya pembangunan jalan yang kini sudah bisa kita rasakan manfaatnya. Memang jalan ini menjadi prioritas utama saya sejak terpilih menjadi bupati,” kata Bupati Buteng, H. Samahuddin kepada awak media dikantornya, belum lama ini.

Kata dia, 190 kilometer jalan tersebut tersebar merata disemua kecamatan yang ada di Buteng tanpa terkecuali. Hadirnya akses jalan mulus ini diharapkan dapat merangsang perekonomian masyarakat menjadi semakin cepat dan lancar.
 
“Kunci pertumbuhan ekonomi agar semakin cepat dan lancar adalah mudahnya akses jalan. Itulah kenapa saya kejar pembangunan jalan itu dan menjadikannya prioritas utama ditahun pertama saya menjabat,” kata H. Samahuddin yang juga akrab disapa La Ramo ini.
 
Bupati yang dikenal low profil ini merinci progres pengaspalan jalan di Buteng telah mencapai 67 persen. Dimana jalan yang berhasil diaspal telah mencapai 190 kilometer dari total lintasan sepanjang 285 kilometer.

Dari keseluruhan jalan yang telah diaspal, Pemkab Buteng mengelontorkan anggaran yang tak sedikit. Tercatat pada 2017 anggaran untuk pengaspalan jalan ini mencapai Rp 46,4 miliar dan meningkat signifikan pada 2018 senilai Rp 76,5 miliar.
Tak sampai disitu, Pemkab Buteng bahkan telah menganggarkan pembangunan jalan pada 2019 ini untuk menuntaskan sisa lintasan yang belum terjamah. Alokasi anggarannya lebih besar dari dua tahun sebelumnya yakni Rp 83,8 miliar.
Samahuddin meyakini hadirnya akses jalan yang memadai maka perputaran ekonomi akan semakin lancar. Dengan begitu akan berbanding lurus dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
Olehnya, Ia mengaku terus mengawasi secara langsung pengaspalan jalan selama dua tahun belakangan ini. Hal itu Ia lakukan untuk memastikan secara langsung kualitas jalan yang dibangun dibawah pemerintahannya.
“Jabatan Bupati ini khan dipercayakan masyarakat kepada saya. Makanya saya harus berusaha mempertanggungjawabkannya dunia akhirat. Itulah mengapa saya tidak pandang panas, hujan atau bahkan sampai tengah malam untuk mengawasi pengaspalan jalan ini. Mudah-mudahan masyarakat senang dengan pembangunan itu,” tukasnya.
Selain memoles jalan dengan aspal hotmix, H. Samahuddin-La Ntau dalam kurun dua tahun terakhir juga telah berhasil membuka 10 kilometer jalan baru. Terbukanya jalan ini diakui sebagai bentuk pengembangan kawasan.
“Buteng ini khan merupakan Daerah Otonom Baru (DOB) yang membutuhkan penanganan serius. Nah, jika kita tidak buka sekarang maka akan sangat berbahaya untuk pengembangan daerah kedepan dan saya yakin tidak akan bisa maju daerah ini jika tidak dilakukan seperti itu (membuka kawasan baru),” pungkasnya.

Penulis : admin

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jendela Informasi Masyarakat Kepton

www.jelajahkepton.com

PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA

Alamat : Jl. Rusa no 08, Kel. Kadolomoko, Kec. Kokalukuna

Badan Hukum No.
AHU-0025954.AH.01.11.TAHUN 2018
TANGGAL 23 FEBRUARI 2018

Baubau,  23-2-2018

DOWNLOAD

DOWNLOAD

© COPYRIGHT PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA 2018

To Top