Advetorial

Samahuddin Poles Wajah Ibukota

LABUNGKARI, Jelajahkepton.com- Pembangunan yang ditunjukkan Bupati dan Wakil Bupati Buton Tengah (Buteng), H. Samahuddin-La Ntau dua tahun terakhir pelan-pelan mulai menampakan diri. Sebagai Daerah Otonom Baru (DOB) yang notabene baru seumur jagung, pondasi utama pembangunan infrastruktur terus dimatangkan.

Bupati Buteng, H. Samahuddin mengatakan fokus pembangunan dilakukan di jantung ibukota Kabupaten Buteng, Labungkari. Area tersebut akan menjadi wajah daerah yang dikenal memiliki seribu gua ini sebagai pusat perkantoran pemerintahan daerah.

“Disini (Labungkari) saya sudah gambarkan dan sudah melakukan berbagai macam persiapan. Makanya sejak saya dipercaya masyarakat memimpin Buteng, pematangan lahan perkantoran langsung kita genjot,” kata H. Samahuddin.

La Ramo sapaan akrab H. Samahuddin menjelaskan pematangan lahan lokasi perkantoran masih akan terus dilakukan 2019 ini. Rencananya akses jalan menuju lokasi perkantoran ini akan membagi Labungkari dalam lima poros jalan utama.

Lima poros jalan utama itu yakni jalan poros menuju Mawasangka, Raha, Lombe,poros perkantoran dan poros Wamengkoli. Ditengah pertemuan jalan poros akan dibangun tugu Labungkari.

Tugu tersebut rencananya juga akan dibangun diatas lahan seluas 70 meter persegi dengan fisik tugu khas Buton Tengah. Luas lahan pembangunan tugu ini sudah termasuk dengan badan jalan.

Kata dia, pembangunan daerah akan maksimal jika kantor pelayanan masyarakat dibangun representatif. Selain itu, lokasi pembangunan mestilah juga harus strategis.

“Saya kira lokasi pembangunan perkantoran ini sangat strategis. Makanya tahun ini pematangan lahan perkantoran ini terus saya awasi sendiri. Kenapa saya kerap turun langsung, agar saya bisa pastikan bahwa pembangunanya sudah siap. Dengan begitu, kita tidak segan untuk mengucurkan anggaran pembangunan,” katanya.

Orang nomor satu di Buteng ini mengaku luas lahan perkantoran pemerintah daerah akan disesuaikan. Sebab pembangunan infrastruktur perkantoran tidak akan difokuskan disatu titik lokasi saja.

“Saya ingin mengejar pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi. Saya yakin dengan tersebarnya kantor pemerintahan maka akan merangsang pertumbuhan kawasan pemukiman baru bagi masyarakat,” katanya.

Ia merinci hanya beberapa OPD saja yang akan dibangun di kantor pusat pemerintahan di Labungkari. Sisanya tersebar seperti di One Waara, Wadiabero, Boneoge, Lolibu, Langkomu dan beberapa daerah lainnya.

“Dengan begitu saya yakin pertumbuhan kawasan pemukiman akan semakin cepat. Apalagi khan dalam RTRW Buteng sudah ditetapkan seperti itu,” katanya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jendela Informasi Masyarakat Kepton

www.jelajahkepton.com

PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA

Alamat : Jl. Rusa no 08, Kel. Kadolomoko, Kec. Kokalukuna

Badan Hukum No.
AHU-0025954.AH.01.11.TAHUN 2018
TANGGAL 23 FEBRUARI 2018

Baubau,  23-2-2018

DOWNLOAD

DOWNLOAD

© COPYRIGHT PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA 2018

To Top