Kabupaten Wakatobi

Bawaslu Wakatobi Gelar Rakor Pengawasan Media Pada Pemilu 2019

WAKATOBI – Rapat koordinasi (RAKOR) pengawasan media cetak iklan media elektronik dan media jaringan serta rapat umum pada pemilihan umum tahun 2019 yang diadakan badan pengawasan pemilihan umum (BAWASLU) hotel wisata wangi-wangi selatan selasa (02/04/19).

La Ode Abdul Sufrin sebagai anggota Jaringan Demokrasi Indonesia mengatakan pemantauan dalam tahapan kampanye adalah ketaatan para pihak pada ketentuan yang diatur dalam undang-undang (UU) nomor tujuh tahun 2017 pasal 267-324 diperaturan KPU nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye pemilihan umum.

“Jadi itu yang di awasi kita sebagai relawan pemantau dibekali dengan hal-hal ketentuan kampanye setidaknya relawan paham bahwa kampanye harus sesuai aturan atau terdapat pelangaran atau tidak terdapat pelanggaran”,Ujarnya.

Lebih lanjut Abdul Sufrin menuturkan kewajiban media harus memberi kempatan yang sama bagi semua peserta pemilu untuk memasang iklan disetiap media.

“Jangan partai satu diterima karna yang lain bukan dukungannya itu tidak diterima itu kita pantau sampai disitu bahwa betul tidak media yang bersangkutan tidak menerima semua peserta pemilu”,tuturnya.

Adapun larangan media yang disampaikan adalah menerima program sponsor dalam format atau sekmen apapunyang dapat dikategorikan sebagai iklan kampanye peserta pemilu.

“Artinya kampanye itu diselipkan kami juga konsen melihat apakah acara-acara televisi atau program dimedia manapun ituapakah diselipkan dengan dengan kampanye dan sampai saat ini belum ada dalam pantauan kami”,ujarnya.

Anggota bawaslu sultra munsir salam menegaskan, dari aspek finansial pelaksanaan kampanye rapat umum dan kampanye dimedia masa membutuhkan finansial besar sehingga banyak orang yang berlomba memanfaatkan ruang-ruang itu sehingga kalau itu dikuasai oleh pserta pemilu tertentu maka terjadi ketidak adilan didalam proses penyampaian pengaruh-pengaruh tadi apalagi dalam sisi ilmu komunikasi masa semua akan memahami bahwa pengaruh iklan terhadap perilaku manusia sangat cepat dan kuat sehingga itu harus dibatasi.

“Mana ada iklan yang murah media cetak diradio itu tidak murah karena pengaruhnya begitu luas bisa sampai diruang paling privat”,bebernya.

Peliput: Juna
Editor: admin

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jendela Informasi Masyarakat Kepton

www.jelajahkepton.com

PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA

Alamat : Jl. Rusa no 08, Kel. Kadolomoko, Kec. Kokalukuna

Badan Hukum No.
AHU-0025954.AH.01.11.TAHUN 2018
TANGGAL 23 FEBRUARI 2018

Baubau,  23-2-2018

DOWNLOAD

DOWNLOAD

© COPYRIGHT PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA 2018

To Top