Kabupaten Buton Selatan

Pilkades Kapoa Diwarnai Protes Warga


Batauga-Pemilihan Kepala Desa Kapoa, Kecamatan Kadatua, Kabupaten Buton Selatan, diwarnai aksi protes warga, kejadian tersebut berawal dari salah seorang warga bernama zaherudin yang tidak mendapat surat panggilan untuk menyalurkan hak pilihnya, senin (24/6/2019).


“Saya tidak mau keluar pak sebelum ada kejelasan dari penyelenggara, kenapa tidak ada surat panggilan saya untuk mencoblos,” beber zaherudin saat berada ditempat pemungutan suara.


Meski telah diredam oleh aparat kepolisian saat mengamankan jalannya pemungutan suara pilkades kapoa itu, warga tersebut enggan keluar dari lokasi itu karena menunggu kejelasan dari panitia penyelenggara apakah dirinya bisa mencoblos atau tidak.


Tak hanya itu, protes pun kembali terjadi di salah satu calon kepala, yang memprotes ulah seorang anggota panwas pemilihan kepala desa yang dianggap tidak netral dan diduga ikut campur sebagai panitia pelaksana.


Sementara keterangan dari Ketua Panitia Darsan mengatakan, keterlibatan anggota panwas dalam membantu panitia pelaksanan saat menyelanggarakan pemilihan pilkades ini tidak melanggar, sebab dalam bimbingan teknis (bimtek) dijelaskan apabila kekurangan panitia maka bisa anggota panwas diperbantukan.


“Itu petunjuk dari kabupaten saat bintek. Bahwa, apabilah kekurangan panitia penyelenggara maka anggota panwas bisa diperbantukan,” ungkapnya.
Meski diwarnai aksi protes warga dan nyaris ricuh, namun pemungutan suara pemilihan kepala desa kapoa terus berlanjut dengan pengawalan ketat aparat kepolisian.

Peliput : husni

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jendela Informasi Masyarakat Kepton

www.jelajahkepton.com

PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA

Alamat : Jl. Rusa no 08, Kel. Kadolomoko, Kec. Kokalukuna

Badan Hukum No.
AHU-0025954.AH.01.11.TAHUN 2018
TANGGAL 23 FEBRUARI 2018

Baubau,  23-2-2018

DOWNLOAD

DOWNLOAD

© COPYRIGHT PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA 2018

To Top