Kota Bau Bau

Tangkal Paham Radikalisme, Forum Kewaspadaan Daerah Perlu Dibentuk

BAUBAU- Wakil Walikota Baubau, La Ode Amad Monianse membuka acara seminar akhir kajian optimalisasi forum kewaspadaan daerah dalam menangkal paham radikal. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Penelitan dan Pengembangan (Balitbang) Kota Baubau di Aula Kantor Badan Pemberdayaan Perempuan Kota Baubau, Kamis (24/10/2019).

Dalam kesempatannya, Monianse mengatakan, keinginan membentuk forum kewaspadaan daerah adalah sebuah tindak lanjut dari amanah konstitusi yang ditugaskan kepada pemerintah.

Dimana, sambung dia dalam konstitusi itu mengatakan bahwa pemerintah berkewajiban melindungi segenap bangsa diseluruh tanah air, khsusnya dari paham radikalisme.

“Saya kira yang menjadi kalimat radikal yang di pahami ialah upaya kita membentuk forum ini adalah radikal yang ekstrim, radikal yang berlebih-lebihan yg menganggap yang lainnya salah, tidak benar dan menganggap kelompoknya satu-satunya kebenaran. Cara mereka mengimplementasikan radikalisme dengan cara kekerasan ituluah yg salah. Saya kira itu salah dalam penarapannya,” katanya.

Selain tujuan konsitusi, pembentukan forum kewaspadaan daerah tersebut didasari kondisi fakta. Dimana penyebar dan sasaran paham radikalisme kini tidak hanya menyasar pada agama tertentu tetapi semua elemen atau kelompok masyarakat.

“Mengapa kita harus waspada, mengapa semua harus peduli. Karena sesungguhnya radikal dan terorisme yang selama ini didengung-dengungkan itu bukan dominasi agama tertentu, semua punya peluang untuk bisa melakukan itu,” katanya.

Menurutnya, paham radikalisme bisa di telaah dari kacamata ilmu komunikasi. Sebab, radikalisme ekstrim adalah proses transformasi ideologi melalui jalur komunikasi.

Olehnya lanjut dikatakan, maka hal yang perlu di lakukan dalam pendektesian dini, maka terlebih dahulu harus mengurai sapa pengirim informasinya, apa konten informasinya, siapa penerimanya, media yang digunakan dan konteks sosialnya.

“Ini perlu dipahami untuk dilihat sejauh mana daerah ini sudah terpapar atau belum pada tingkatan tertentu atau masih dalam batas-batas toleran,” katanya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jendela Informasi Masyarakat Kepton

www.jelajahkepton.com

PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA

Alamat : Jl. Rusa no 08, Kel. Kadolomoko, Kec. Kokalukuna

Badan Hukum No.
AHU-0025954.AH.01.11.TAHUN 2018
TANGGAL 23 FEBRUARI 2018

Baubau,  23-2-2018

DOWNLOAD

DOWNLOAD

© COPYRIGHT PT. JELAJAH KEPTON NUSANTARA 2018

To Top